PROTA KELAS 7
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan ; MTs Miftahul Ulum 2
Tahun Pelajaran : 2020 /2021
Kelas : Tujuh ( VII )
SMT | No | Standar Kompetensi | Alokasi waktu | Keterangan |
1 | 1 | MENYIMAK/ISTIMA’ (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang التعارف) | ||
2. | BERBICARA/KALAM ( Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman atau informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang التعارف ) | |||
3 | MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang التعارف) | |||
BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى ) | ||||
MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca , menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى | ||||
MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang مدرستى) | ||||
J U M L A H | ||||
2 | 4 | MENYIMAK/ISTIMA’ Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang بيتى | ||
5 | BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita serta bertanya jawab tentang بيتى) | |||
6 | MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang بيتى) | |||
10 | BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang أسرتي) | |||
11 | MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan tentang أسرتي) | |||
12 | MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang أسرتي) | |||
13 | MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان) | |||
14 | MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان) | |||
J U M L A H | 32 Jp |
Mengetahui Kepala Madrasah Sahroni, S.P.d.I M.Pd | Banyuputih Kidul.13 Juli 2020 Guru Bidang Studi Bahasa Arab Fathur Rahman, S.Pd.I |
PROTA KELAS 8
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah | : MTs Miftahul Ulum 2 |
Mata Pelajaran | : Bahasa Arab |
Tahun Pelajaran Kelas / Semester | : 2020/2021 : VIII (Delapan ) |
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
sekitarnya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang
tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori
yang kuat
SEMESTER GASAL
No | KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU |
1 | 1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah 2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar 3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : الس اعةbaik secara lisan maupun tertulis 4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana الس اعةdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | 18 |
2 | 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa 3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : ف ي یومیاتن ا المدرس ةbaik secara lisan maupun tertulis 4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik المدرس ة ف ي یومیاتن اdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | 18 |
3 | 1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman 3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : ف ي یومیّاتنا | 18 |
البی تbaik secara lisan maupun tertulis 4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik ف ي یومیّاتناdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | |
JUMLAH | 54 JP |
SEMESTER GENAP
No | KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU |
4 | 1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah 2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah 3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : المھنة ، اللاعبون المھنیونbaik secara lisan maupun tertulis 4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik ، المھنة اللاعبون المھنیونdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | 18 |
5 | 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa 3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : المھنة الطبّیةbaik secara lisan maupun tertulis 4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik المھنة الطبّیةdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | 15 |
6 | 1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman 3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : زی ارة المرض ىbaik secara lisan maupun tertulis Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik المرض ى زی ارةdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | |
JUMLAH | 51 JP |
Mengetahui | Banyuputih Kidul. 13 Juli 2020 |
Kepala Madrasah | Guru Mata Pelajaran |
Sahroni, S.P.d.I M.Pd Fathur Rahman, S.Pd.I