Prota

PROTA KELAS 7

PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Bahasa Arab

Satuan Pendidikan ; MTs Miftahul Ulum 2               

Tahun Pelajaran    : 2020 /2021

Kelas                     : Tujuh ( VII )

SMTNoStandar KompetensiAlokasi waktuKeterangan
11MENYIMAK/ISTIMA’ (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف)  
2.BERBICARA/KALAM ( Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  atau  informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang التعارف )  
3MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang التعارف)  
 BERBICARA/KALAM  (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى )  
 MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca , menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى  
 MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang مدرستى)  
  J U M L A H  
         
24MENYIMAK/ISTIMA’ Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang    بيتى  
5BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  dan  informasi melalui kegiatan bercerita serta  bertanya jawab tentang بيتى)  
6MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang    بيتى)  
10BERBICARA/KALAM  (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang  أسرتي)  
11MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca,  menganalisis dan menemukan tentang أسرتي)  
12MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang أسرتي)  
13MEMBACA/QIRA’AH   (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان)  
14MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان)  
  J U M L A H32 Jp 
Mengetahui Kepala Madrasah       Sahroni, S.P.d.I M.PdBanyuputih Kidul.13 Juli 2020 Guru Bidang Studi Bahasa Arab       Fathur Rahman, S.Pd.I

Prota

PROTA KELAS 8

PROGRAM TAHUNAN

Nama Sekolah: MTs Miftahul Ulum 2
Mata Pelajaran: Bahasa Arab
Tahun Pelajaran
Kelas / Semester
: 2020/2021
: VIII (Delapan )

Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
sekitarnya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang
tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori
yang kuat
SEMESTER GASAL

NoKOMPETENSI DASARALOKASI
WAKTU
11.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : الس اعةbaik secara lisan
maupun tertulis
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana الس اعةdengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
18
21.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa Arab
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab
sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : ف ي یومیاتن ا
المدرس ةbaik secara lisan maupun tertulis
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang
topik المدرس ة ف ي یومیاتن اdengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
18
31.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam
mengkaji khazanah keislaman
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab
sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji
hazanah keislaman
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab
sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : ف ي یومیّاتنا
18
البی تbaik secara lisan maupun tertulis
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang
topik ف ي یومیّاتناdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
JUMLAH54 JP

SEMESTER GENAP

NoKOMPETENSI DASARALOKASI
WAKTU
41.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan sekolah
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : المھنة ، اللاعبون المھنیونbaik secara
lisan maupun tertulis
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik ، المھنة
اللاعبون المھنیونdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
18
51.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa Arab
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan
berbahasa
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab
sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : المھنة الطبّیةbaik
secara lisan maupun tertulis
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang
topik المھنة الطبّیةdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
15
61.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa
Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah
keislaman
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : زی ارة المرض ىbaik secara lisan
maupun tertulis
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik المرض ى
زی ارةdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
JUMLAH51 JP
MengetahuiBanyuputih Kidul. 13 Juli 2020
Kepala MadrasahGuru Mata Pelajaran

Sahroni, S.P.d.I M.Pd Fathur Rahman, S.Pd.I

PROTA KELAS 8