KKM KELAS 7 SEMESTER GANJIL DAN GENAP
Nama Sekolah : MTs Miftahul Ulum 2 Kelas/semester : VII / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Tahun Pelajaran : 2020/ 2021
Nilai KKM :
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Penguasaan Konsep | Penerapan | |||
MENYIMAK/ISTIMA’ (Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang التعارف) | |||||||
Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang الالتعارفdengan ca-ra menco-cokkan dan membedakan secara tepat | |||||||
Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengarMenyebutkan kembali kata-kata/kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll | |||||||
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wa-cana lisan sederhana yang meli-puti kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) | |||||||
Mengidentifikasi makna-makna / arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengarMengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar | |||||||
Merespon gagasan yang terda-pat pada wacana lisan atau dialog sederhana yang meng-gunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير) , kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) | |||||||
Menyalin/menulis kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar | |||||||
KKM SK 1 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) | |||||||
BERBICARA/KALAM (mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman atau informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang التعارف) | |||||||
Melakukan dialog se-derhana dengan tepat ten-tang taaruf dengan menggunakan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal (للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan أدوات الجر) ). | |||||||
Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benarMenggunakan/ me-ngucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi: ma, man, hal, min aina, ma mihnatuka dengan tepatMenanggapi/meres-pons berbagai perta-nyaan dengan tepatMendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat | |||||||
Menyam-paikan in-formasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai kon-teks yang mencerminkan keca-kapan ber-bahasa yang santun meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر). | |||||||
Memperkenalkan diri dengan meyebutkan identitas lengkap antara lain: nama, usia, alamat, pekerjaan, asal Madrasah, nama orang tua dan pekerjaan orang tua. | |||||||
KKM SK 2 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) | |||||||
MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang التعارف) | |||||||
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang taaruf dengan tanda baca yang tepat. | |||||||
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat)Menulis kata-kata / kalimat-kalimat seperti contoh (imla’ manqul) Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna . | |||||||
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف dengan tepat menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) | |||||||
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis tentang identitas diri sendiri dengan menyebutkan nama, alamat, pekerjaan, asal Madrasah, nama orang tua dan pekerjaan orang tua)Mengidentifikasi kata-kata tanya, bentuk mufrad dan jamak taksir, jenis mudzakkar dan mu’annats dengan tepat dan benar dll | |||||||
KKM SK 3 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) | |||||||
BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى ) | |||||||
Melakukan dialog sederhana dengan lancar dengan tepat dan benar menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna. | |||||||
Mengidentifikasi benda-benda di MadrasahMelafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benarMengungkapkan keadaan Madrasah masing-masing (pilih: kelas, kantin, ruang guru, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, dll) dengan kosakata meliputi; kata sifat termasuk jenis-jenis warna baik berbentuk mudzakkar maupun mu’annats dengan tepat dan benar Bertanya dan memberikan respons tentang keadaan / sifat-sifat benda yang ada di Madrasah dengan menggunakan kata tanya meliputi; ma, man, hal, min aina, ma laun… dengan tepatMendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat | |||||||
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna | |||||||
Menggunakan / mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat Menceritakan keadaan Madrasah (pilih: kelas, kantin, ruang guru, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, dll) dengan menyebutkan sifat-sifatnya secara tepat dan benar | |||||||
KKM SK 4 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) | |||||||
MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca , menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى | |||||||
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna | |||||||
Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca | |||||||
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير) , kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna | |||||||
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana /bahan qira’ahMengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacanaMenjawab/merespons berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira’ah dengan tepat dan benarMembedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimat | |||||||
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana tentang “مدرستى” dengan tepat dan benar | |||||||
Mengidentifikasi kata sifat apa saja yang terdapat dalam bacaanMengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannatsMembuat kesimpulan tentang isi wacana | |||||||
KKM SK 5 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) | |||||||
MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang مدرستى ) | |||||||
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang tepat | |||||||
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sederhana sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla’ manqul) Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf | |||||||
Mengungkapkan informasi / gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى“ dengan menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna | |||||||
Menulis karangan sesuai dengan tema keadaan lingkungan Madrasah dengan menyebutkan ciri-ciri/sifat-sifatnya secara terstruktur/terbimbingMengidentifikasi kata-kata sifat, jenis-jenis warna, bentuk jamak dan mufrad, mudzakkar mu’annats dengan tepat dan benar dll | |||||||
KKM SK 6 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) | |||||||
RATA-RATA | |||||||
RATA-RATA KESELURUHAN | |||||||
Mengetahui Kepala Madrasah SAHRONI, S.Pd.I M. | Lumajang, 13 Juli 2020 Guru Bidang Studi Bahasa Arab FATHUR RAHMAN, S. Pd.I |
Nama Sekolah : MTs Miftahul Ulum 2 Kelas/semester : VII / 2
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Tahun Pelajaran : 2020 / 2021
Nilai KKM :
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | ||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Penguasaan Konsep | Penerapan | |||
MENYIMAK/ISTIMA’) Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang بيتى | |||||||
Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang “بيتي” dengan ca-ra menco-cokkan dan membedakan secara tepat | |||||||
Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengarMenyebutkan kembali kata-kata/kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll Mengidentifikasi makna-makna/ arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengarMengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar | |||||||
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang “بيتي” dengan mengguna-kan kalimat berstruktur مبتدأ مؤخر + خبر مقدم + نعت | |||||||
Menyalin/menulis kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar | |||||||
Memberi-kan tang-gapan/res-pons pada ide/gagasan yang terda-pat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang “بيتي” dengan menggunakan kalimat berstruktur مبتدأ مؤخر + خبر مقدم + نعت | |||||||
Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar | |||||||
KKM SK 7 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) | |||||||
BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita serta bertanya jawab tentang بيـتى) | |||||||
Menyampaikan infor-masi secara lisan tentang “بيتي” dengan lafal dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat berstruktur خبر مقدم + مبتدأ مؤخر+ صفة/نعت. | |||||||
Menyebutkan keadaan rumah masing-masingMelafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benarMenggunakan / mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat | |||||||
Melakukan dialog sederhana dengan lancar tentang kecakapan berkomunikasi dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat berstruktur خبر مقدم + مبتدأ مؤخر+ صفة/نعت | |||||||
Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; madza, hal+adawatul jar, aina dengan tepat dan benar Memberikan jawaban dengan tepat Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat dan benar. | |||||||
Bercerita tentang “بيتي” dengan menggunakan kalimat sederhana dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur خبر مقدم + مبتدأ مؤخر+ صفة/نعت | |||||||
Menjelaskan / menceritakan tentang isi dan keadaan rumah | |||||||
KKM SK 8 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) | |||||||
MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang بيـتى ) | |||||||
Menulis dan meleng-kapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “ بيـتى” dengan tanda baca yang tepat. | |||||||
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat)Menulis kata-kata / kalimat-kalimat melalui imla’ manqul Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna. | |||||||
Menulis paragraf sangat sederhana tentang بيـتى dengan menggunakan kalimat berstruktur خبر مقدم + مبتدأ مؤخر+ صفة/نعت | |||||||
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf | |||||||
Menulis tentang بيـتى dengan menggunakan media gambar/alat peraga gambar/foto yang dilihat dengan menggunakan kalimat berstruktur خبر مقدم + مبتدأ مؤخر+ صفة/نعت | |||||||
Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis tentang keadaan rumah sendiri-sendiri)Mengidentifikasi kata-kata tanya, bentuk mufrad dan jamak taksir, jenis mudzakkar dan mu’annats dengan tepat dan benar dll | |||||||
KKM SK 9 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) | |||||||
BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang أسرتي ) | |||||||
Menyampaikan informasi secara lisan dengan la-fal yang tepat da-lam kali-mat seder-hana tentang أسرتي mengguna-kan kalimat berstruktur meliputi mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad) | |||||||
Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benarMenggunakan / mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat | |||||||
Bercerita tentang أسرتي dengan mengguna-kan media gambar /alat peraga dan menerapkan struktur kali-mat meli-puti: mubta-da dan kho-bar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad) | |||||||
Menceritakan tentang lingkungan anggota keluarga dengan tepat dan benar secara terstruktur/terbimbing disertai gambar | |||||||
Melakukan tanya jawab tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur meliputi: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad) | |||||||
Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; madza ya’malu..? dan kata tanya: hal dengan tepat dan benarMemberikan tanggapan / respons dengan tepatMendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat dan benar | |||||||
KKM SK 10 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) | |||||||
MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan tentang أسرتى) | |||||||
Membaca nyaring, me-lafalkan huruf hija-iyyah, kata, frase, kali-mat seder-hana dengan ucap-an, tekanan dan intonasi yang bertema tentang أسرتى dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad) | |||||||
Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca | |||||||
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat sederhana dalam wacana tertulis sederhana tentang أسرتى mengunakan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad) | |||||||
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana /bahan qira’ahMengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana Menjawab berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira’ah dengan tepat dan benar | |||||||
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang أسرتى dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad) | |||||||
Membedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimatMengidentifikasi kata-kata kerja paling populer (fiil mudhari mufrad)Mengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannats Membuat kesimpulan tentang isi wacana | |||||||
KKM SK 11 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) | |||||||
MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang أسرتى) | |||||||
Menulis paragraph sederhana tentang أسرتى dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad) | |||||||
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sederhana sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla’ manqul) Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf | |||||||
Menulis cerita sederhana tentang أسرتى yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad) | |||||||
Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis tentang keadaan anggota keluarga)Mengidentifikasi kata tanya madza ya’malu…? dan hal…, jenis mudzakkar dan mu’annats dengan tepat dan benar dll | |||||||
KKM SK 12 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) | |||||||
MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان) | |||||||
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان dengan menerapkan hitungan 1 s/d 100 | |||||||
Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca | |||||||
Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi bilangan 1 s/d 100 | |||||||
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana/bahan qira’ahMengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana Menjawab berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira’ah dengan tepat dan benar | |||||||
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana tentang sebuah lokasi/alamat | |||||||
Mengidentifikasi tempat-tempat umum paling populer Mengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannatsMembuat kesimpulan tentang isi wacana | |||||||
KKM SK 13 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) | |||||||
MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان) | |||||||
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان dengan menerapkan hitungan 1 s/d 100 | |||||||
Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca | |||||||
Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi bilangan 1 s/d 100 | |||||||
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana /bahan qira’ahMengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana Menjawab berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira’ah dengan tepat dan benar | |||||||
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana tentang sebuah lokasi/alamat | |||||||
Mengidentifikasi tempat-tempat umum paling populer Mengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannats Membuat kesimpulan tentang isi wacana | |||||||
KKM SK 14 | |||||||
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) | |||||||
RATA-RATA | |||||||
RATA-RATA KESELURUHAN | |||||||
Mengetahui Kepala Madrasah SAHRONI, S.Pd.I M. | ………….. , …………………………. Guru Bidang Studi Bahasa Arab FATHUR RAHMAN, S. Pd.I |
KKM KELAS 8 SEMESTER GANJIL DAN GENAP
FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN
TAHUN PELAJARAN : 2020/2021
Nama Sekolah : MTs Miftahul Ulum 2
Kelas / Semester : VIII / 1 & 2
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kompetensi Inti : KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.
NO | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN KKM | KKM | |
Kompleks itas | Daya Dukung | Intake | Indor ikat | KD | KI |
SEMESTER 1 | |||||
1 | 1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah 2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar | 1.1.1 Meyakini pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah 1.2.1 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar 3.1.1 Memahami struktur jumlah ismiyah tentang “jam” dan jumlah ismiyah |
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : الساعةbaik secara lisan maupun tertulis 4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana الساعةdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | 3.1.2 Memahami perbedaan penggunakan kata untuk mubtada’ dan khabar 3.1.3 Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan terkait topik tentang “jam” secara lisan atau tulisan. 3.1.4 Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab 4.1.1 Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah tentang jumlah ismiyah 4.1.2 Menyusun karangan sederhana terkait topik tentang “jam”. 4.1.3 Melakukan dialog (hiwar) terkait topik tentang “jam”. 4.1.4 Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkait topik tentang “jam”. 4.1.5 Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia | |
2 | 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa 3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan | 1.2.1 Menyadari adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 2.2.1 Memiliki sikap/perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa dalam kehidupan sehari – hari 3.2.1 Mengeidentifikasi bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : المدرسة في یومیاتنا baik secara lisan maupun tertulis 3.2.2 Menjelaskan bunyi, makna, dan gagasan dari |
struktur kalimat yang berkaitan المدرسة في یومیاتنا : dengan topik baik secara lisan maupun tertulis 4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik یومیاتنا denganالمدرسة في memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : المدرسة في یومیاتناbaik secara lisan maupun tertulis 3.2.3 Mengidentifikasi makna kata dalam teks sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah 3.2.4 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang المدرسة في یومیاتنا berkaitan dengana 4.2.1 Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar 4.2.2 Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih.. 4.2.3 Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah” sesuai kaidah jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih | |
3 | 1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman 3.3 Memahami bunyi, makna, dan | 1.3.1 Menunjukan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman dalam kehidupan sehari-hari 2.3.1 Memiliki sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman dalam kehidupan sehari-hari 3.3.1 Mengidentifikasi bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan baikالبیت في یومیّاتنا : dengan topik |
gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : في یومیّاتنا البیتbaik secara lisan maupun tertulis 4.3 Mendemonstrasika n ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik یومیّاتنا فيdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | secara lisan maupun tertulis 3.3.2 Mengidentifikasi makna kata dalam teks sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” yang dipelajari 4.3.1 Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”. 4.3.2 Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”. 4.3.3 Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam macam dhamir jamak”. 4.3.4 Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” sesuai kaidah yang dipelajari. 4.3.5 Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” | |
SEMESRER GENAP | ||
1 | 1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah 2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah 3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur | 1.1.1 Meyakini pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah 2.1.1 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah 3.1.1 Menjelaskan bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : Profesi ( )المھنةdan ) baikالریاضیون اللاعبون( Olahragawan |
kalimat yang berkaitan dengan baik secaraالریاضیون اللاعبون : topik lisan maupun tertulis 4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik اللاعبون الریاضیونdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | secara lisan maupun tertulis 4.1.1 Menghafal kosa kata baru terkait topik Profesi ( )المھنةdan Olahragawan (اللاعبون ) الریاضیون 4.1.2 Melafalkan kata, frase atau kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film terkait topik Profesi ( )المھنةdan Olahragawan (اللاعبون ) الریاضیون 4.1.3 Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashab fiil mudlari’”. 4.1.4 Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah “huruf yang menashab fiil mudlari’” | |
2 | 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa 3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : الطبیة المھنةbaik secara lisan maupun tertulis 4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik الطبیة المھنة dengan memperhatikan struktur | 1.2.1 Menyadari adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 2.2.1 Memiliki sikap/perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa dalam kehidupan sehari-hari 3.2.1 Mengidentifikasi bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : الطبیة المھنةbaik secara lisan maupun tertulis 4.2.1 Menghafal kosa kata baru terkait topik “profesi kedokteran” 4.2.2 Membandingkan antara fiil madli dan jumlah fi’liyah terkait topik “profesi |
teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | الطبیة المھنة ”kedokteran 4.2.3 Melafalkan kata, frase atau kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film. 4.2.4 Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah fiil madli dan jumlah fi’liyah. 4.2.5 Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah fiil madli dan jumlah fi’liyah | |
3 | 1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman 3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : زیارة المرضىbaik secara lisan maupun tertulis 4.3 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik المرضى زیارةdengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | 1.3.1 Menghayati sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman 2.3.1 Memiliki sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman 3.3.1 Mengidentifikasi bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : Menjenguk orang sakit ( )زیارة المرضىbaik secara lisan maupun tertulis 3.3.2 Mengidentifikasi isi wacana terkait tema “menjenguk orang sakit” secara lisan maupun tulisan. 4.3.1 Melafalkan kata, frase atau kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film. 4.3.2 Merangkaikan kata menjadi kalimat terkait “menjenguk orang sakit” sesuai dengan |
kaidah mashdar sharih. 4.3.3 Menyusun kata, dan kalimat terkait tema “menjenguk orang sakit” sederhana sesuai kaidah mashdar sharih 4.3.4 Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan terkait tema Menjenguk )زیارة المرضى ( orang sakit 4.3.5 Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mashdar sharih. 4.3.6 Menyusun karangan sederhana terkait tema Menjenguk orang sakit ( )زیارة المرضى sesuai kaidah mashdar sharih. |
KETERANGAN:
Kompleksitas : Tinggi = 1; Sedang = 2; Rendah =3
Daya dukung : Tinggi = 3; Sedang = 2; Rendah =1
Intake : Tinggi = 3; Sedang = 2; Rendah =1
Banyuputih Kidul, 13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Sahroni, S.Pd.I M.Pd Fathur Rahman, S.Pd.I