KKM

KKM KELAS 7 SEMESTER GANJIL DAN GENAP

Nama Sekolah         :  MTs Miftahul Ulum 2                                                      Kelas/semester                                : VII   / 1

Mata Pelajaran        :  Bahasa Arab                                                                  Tahun Pelajaran                                : 2020/ 2021

Nilai KKM                :

  STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATORKRITERIA PENENTUAN KKMHasil KKM dalam AspekKKM %
KompleksitasDaya DukungIntake SiswaPenguasaan KonsepPenerapan
MENYIMAK/ISTIMA’       (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف)      
Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang الالتعارفdengan ca-ra menco-cokkan dan  membedakan secara tepat      
Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengarMenyebutkan kembali kata-kata/kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll      
Menemu-kan infor-masi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wa-cana lisan  sederhana yang meli-puti kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)      
Mengidentifikasi makna-makna / arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengarMengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar          
Merespon gagasan yang terda-pat pada wacana lisan atau dialog sederhana yang meng-gunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير) , kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)      
Menyalin/menulis kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar      
KKM SK 1 
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) 
BERBICARA/KALAM        (mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  atau  informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang التعارف)       
Melakukan dialog se-derhana dengan tepat ten-tang taaruf dengan menggunakan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  (للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan  أدوات الجر) ).      
Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benarMenggunakan/ me-ngucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat  Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi: ma, man, hal, min aina, ma mihnatuka dengan tepatMenanggapi/meres-pons berbagai perta-nyaan dengan tepatMendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat      
Menyam-paikan in-formasi secara lisan dengan lafal  yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai kon-teks yang mencerminkan keca-kapan ber-bahasa yang santun meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر).      
Memperkenalkan diri dengan meyebutkan identitas lengkap antara lain: nama, usia, alamat, pekerjaan, asal Madrasah, nama orang tua dan pekerjaan orang tua.      
KKM SK 2 
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) 
MENULIS/KITABAH        (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang التعارف)      
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang taaruf dengan tanda baca yang tepat.      
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat)Menulis kata-kata / kalimat-kalimat seperti contoh (imla’ manqul)    Menyusun huruf-huruf  menjadi kata-kata dengan benar Menyusun  kata-kata menjadi kalimat sempurna  .      
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف dengan tepat menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)      
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis  tentang identitas diri sendiri dengan menyebutkan nama, alamat, pekerjaan, asal Madrasah, nama orang tua dan pekerjaan orang tua)Mengidentifikasi kata-kata tanya, bentuk mufrad dan jamak taksir, jenis mudzakkar dan mu’annats  dengan tepat dan benar dll      
KKM SK 3 
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) 
BERBICARA/KALAM           (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى )      
Melakukan dialog sederhana dengan lancar dengan tepat dan benar menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)  dan kata sifat (النعت)  termasuk warna.      
Mengidentifikasi benda-benda di MadrasahMelafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benarMengungkapkan keadaan Madrasah masing-masing (pilih: kelas, kantin, ruang guru, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, dll) dengan kosakata meliputi; kata sifat termasuk  jenis-jenis warna baik berbentuk mudzakkar maupun mu’annats dengan tepat dan benar Bertanya dan memberikan respons  tentang keadaan / sifat-sifat benda yang ada di Madrasah dengan menggunakan kata tanya meliputi; ma, man, hal, min aina, ma laun… dengan tepatMendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat      
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal  yang tepat dalam kalimat sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat  (النعت)  termasuk warna      
Menggunakan / mengucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat  Menceritakan keadaan Madrasah (pilih: kelas, kantin, ruang guru, ruang tata tertib siswa, halaman Madrasah, dll) dengan menyebutkan sifat-sifatnya secara tepat dan benar      
KKM SK 4 
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) 
MEMBACA/QIRA’AH        (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca , menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى      
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna      
Melafalkan  huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca      
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير) , kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna      
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana /bahan qira’ahMengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacanaMenjawab/merespons berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira’ah  dengan tepat dan benarMembedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimat      
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana  tentang “مدرستى” dengan tepat dan benar       
Mengidentifikasi kata sifat apa saja yang terdapat dalam bacaanMengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannatsMembuat kesimpulan tentang isi wacana      
KKM SK 5 
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) 
MENULIS/KITABAH        (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang مدرستى )      
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang tepat      
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sederhana sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla’ manqul)    Menyusun huruf-huruf  menjadi kata-kata dengan benar Menyusun  kata-kata menjadi kalimat sempurna  Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf      
Mengungkapkan informasi / gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى“  dengan  menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna      
Menulis karangan sesuai dengan tema keadaan lingkungan Madrasah dengan menyebutkan ciri-ciri/sifat-sifatnya secara terstruktur/terbimbingMengidentifikasi kata-kata sifat, jenis-jenis warna,  bentuk jamak dan mufrad, mudzakkar mu’annats  dengan tepat dan benar dll      
KKM SK 6 
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) 
 RATA-RATA          
 RATA-RATA KESELURUHAN          

 

 

Mengetahui Kepala Madrasah         SAHRONI, S.Pd.I M.Lumajang, 13 Juli 2020 Guru Bidang Studi Bahasa Arab         FATHUR RAHMAN, S. Pd.I

 

 

   


Nama Sekolah         :  MTs Miftahul Ulum 2                                                                                      Kelas/semester     : VII   / 2

Mata Pelajaran        :  Bahasa Arab                                                                            Tahun Pelajaran                 : 2020 / 2021

Nilai KKM                :

  STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATORKRITERIA PENENTUAN KKMHasil KKM dalam AspekKKM %
KompleksitasDaya DukungIntake SiswaPenguasaan KonsepPenerapan
MENYIMAK/ISTIMA’)         Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang    بيتى      
Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang بيتي  dengan ca-ra menco-cokkan dan  membedakan secara tepat      
Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengarMenyebutkan kembali kata-kata/kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll Mengidentifikasi makna-makna/ arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengarMengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar      
Menemukan informasi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan  sederhana tentang بيتي dengan mengguna-kan kalimat berstruktur مبتدأ مؤخر + خبر مقدم + نعت      
Menyalin/menulis kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar          
Memberi-kan tang-gapan/res-pons pada ide/gagasan yang terda-pat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang بيتي   dengan menggunakan kalimat berstruktur مبتدأ مؤخر + خبر مقدم + نعت      
Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar      
KKM SK 7 
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) 
BERBICARA/KALAM        (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  dan informasi melalui kegiatan bercerita serta  bertanya jawab tentang بيـتى)      
Menyampaikan infor-masi secara lisan tentang بيتي  dengan lafal dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat berstruktur         خبر مقدم + مبتدأ مؤخرصفة/نعت.      
Menyebutkan keadaan rumah masing-masingMelafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benarMenggunakan / mengucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat      
Melakukan dialog sederhana dengan lancar tentang kecakapan berkomunikasi dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat berstruktur خبر مقدم + مبتدأ مؤخرصفة/نعت      
Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; madza, hal+adawatul jar,  aina dengan tepat dan benar Memberikan jawaban dengan tepat Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat  dan benar.      
Bercerita tentang  “بيتي dengan menggunakan kalimat sederhana dengan  tepat dan benar  dengan menggunakan kalimat berstruktur خبر مقدم + مبتدأ مؤخرصفة/نعت      
Menjelaskan / menceritakan tentang isi dan keadaan rumah      
KKM SK 8 
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) 
MENULIS/KITABAH        (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang    بيـتى )      
Menulis dan meleng-kapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang بيـتى”  dengan tanda baca yang tepat.      
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat)Menulis kata-kata / kalimat-kalimat melalui imla’ manqul    Menyusun huruf-huruf  menjadi kata-kata dengan benar Menyusun  kata-kata menjadi kalimat sempurna.      
Menulis paragraf sangat sederhana tentang بيـتى dengan menggunakan kalimat berstruktur خبر مقدم + مبتدأ مؤخرصفة/نعت      
Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf      
Menulis tentang بيـتى dengan menggunakan media gambar/alat peraga gambar/foto yang dilihat  dengan menggunakan kalimat berstruktur خبر مقدم + مبتدأ مؤخرصفة/نعت      
Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis  tentang keadaan rumah sendiri-sendiri)Mengidentifikasi kata-kata tanya, bentuk mufrad dan jamak taksir, jenis mudzakkar dan mu’annats  dengan tepat dan benar dll      
KKM SK 9 
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) 
BERBICARA/KALAM           (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang  أسرتي )      
Menyampaikan informasi secara lisan dengan la-fal  yang tepat da-lam kali-mat seder-hana tentang  أسرتي mengguna-kan kalimat berstruktur  meliputi mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)      
Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benarMenggunakan / mengucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat      
Bercerita tentang أسرتي dengan mengguna-kan media gambar /alat peraga  dan menerapkan  struktur kali-mat meli-puti: mubta-da dan kho-bar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)      
Menceritakan   tentang lingkungan anggota keluarga dengan tepat dan benar secara terstruktur/terbimbing  disertai gambar      
Melakukan tanya jawab tentang  أسرتي dengan menerapkan   kalimat berstruktur  meliputi: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)      
Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; madza ya’malu..? dan kata tanya:   hal dengan tepat dan benarMemberikan tanggapan / respons  dengan tepatMendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat  dan benar      
KKM SK 10 
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) 
MEMBACA/QIRA’AH        (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca,  menganalisis dan menemukan tentang أسرتى)      
Membaca nyaring, me-lafalkan huruf hija-iyyah, kata, frase, kali-mat seder-hana dengan ucap-an, tekanan dan intonasi yang bertema tentang أسرتى dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)      
Melafalkan  huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca      
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat sederhana dalam wacana tertulis sederhana tentang أسرتى mengunakan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)      
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana /bahan qira’ahMengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana Menjawab berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira’ah  dengan tepat dan benar      
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang أسرتى dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)      
Membedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimatMengidentifikasi kata-kata kerja paling populer (fiil mudhari mufrad)Mengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannats Membuat kesimpulan tentang isi wacana      
KKM SK 11 
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) 
MENULIS/KITABAH        (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang أسرتى)      
Menulis paragraph sederhana tentang أسرتى dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)      
Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sederhana sesuai contoh dengan tepat dan benar (khat / imla’ manqul)    Menyusun huruf-huruf  menjadi kata-kata dengan benar Menyusun  kata-kata menjadi kalimat sempurna  Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf      
Menulis cerita sederhana tentang أسرتى yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)      
Menulis karangan sesuai dengan tema secara terstruktur / terbimbing (misalnya: menulis  tentang keadaan anggota keluarga)Mengidentifikasi kata tanya madza ya’malu…? dan hal…, jenis mudzakkar dan mu’annats  dengan tepat dan benar dll      
KKM SK 12 
Jumlah SK 1 ( 2 KD ) 
MEMBACA/QIRA’AH          (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان)      
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان dengan menerapkan hitungan 1 s/d 100      
Melafalkan  huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca      
Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi  bilangan 1 s/d 100      
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana/bahan qira’ahMengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana Menjawab berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira’ah  dengan tepat dan benar      
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana  tentang sebuah lokasi/alamat      
Mengidentifikasi tempat-tempat umum paling populer Mengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannatsMembuat kesimpulan tentang isi wacana      
KKM SK 13 
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) 
MEMBACA/QIRA’AH          (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان)      
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان dengan menerapkan hitungan 1 s/d 100      
Melafalkan  huruf-huruf hijaiyyah / kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca      
Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi  bilangan 1 s/d 100      
Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana /bahan qira’ahMengidentifikasi tema / topik yang ada dalam wacana Menjawab berbagai pertanyaan tentang keadaan isi / bahan qira’ah  dengan tepat dan benar      
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana  tentang sebuah lokasi/alamat      
Mengidentifikasi tempat-tempat umum paling populer Mengidentifikasi jenis mudzakkar dan muannats Membuat kesimpulan tentang isi wacana      
KKM SK 14 
Jumlah SK 1 ( 3 KD ) 
 RATA-RATA          
 RATA-RATA KESELURUHAN          
Mengetahui Kepala Madrasah           SAHRONI, S.Pd.I M. ………….. , …………………………. Guru Bidang Studi Bahasa Arab           FATHUR RAHMAN, S. Pd.I

KKM

KKM KELAS 8 SEMESTER GANJIL DAN GENAP

FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN
TAHUN PELAJARAN : 2020/2021
Nama Sekolah : MTs Miftahul Ulum 2
Kelas / Semester : VIII / 1 & 2
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kompetensi Inti : KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.

NOKOMPETENSI DASARINDIKATORKRITERIA KETUNTASAN
KKM
KKM
Kompleks
itas
Daya
Dukung
IntakeIndor ikatKDKI
SEMESTER 1
11.1 Menyadari pentingnya kejujuran
dan percaya diri sebagai
anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah
dan madrasah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan
percaya diri dalam
berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar
1.1.1 Meyakini pentingnya kejujuran dan percaya
diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan madrasah
1.2.1 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar
3.1.1 Memahami struktur jumlah ismiyah tentang
“jam” dan jumlah ismiyah
3.1 Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan
dengan topik : الساعةbaik secara
lisan maupun tertulis
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan
informasi lisan dan tulisan
sederhana الساعةdengan
memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
3.1.2 Memahami perbedaan penggunakan kata
untuk mubtada’ dan khabar
3.1.3 Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan
terkait topik tentang “jam” secara lisan atau
tulisan.
3.1.4 Menjelaskan cara menyapa, berpamitan,
terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
4.1.1 Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi
kalimat sesuai dengan kaidah tentang jumlah
ismiyah
4.1.2 Menyusun karangan sederhana terkait topik
tentang “jam”.
4.1.3 Melakukan dialog (hiwar) terkait topik
tentang “jam”.
4.1.4 Membandingkan antara kalimat mubtada’
dan khabar terkait topik tentang “jam”.
4.1.5 Membandingkan cara menyapa, berpamitan,
terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh
orang Arab dengan orang Indonesia
21.2 Meyakini adanya motivasi
internal (intrinsik) sebagai
anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan
berbahasa Arab
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi
internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan
berbahasa
3.2 Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan
1.2.1 Menyadari adanya motivasi internal
(intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa Arab
2.2.1 Memiliki sikap/perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan
berbahasa dalam kehidupan sehari – hari
3.2.1 Mengeidentifikasi bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang
berkaitan dengan topik : المدرسة في یومیاتنا
baik secara lisan maupun tertulis
3.2.2 Menjelaskan bunyi, makna, dan gagasan dari
struktur kalimat yang berkaitan
المدرسة في یومیاتنا : dengan topik
baik secara lisan maupun tertulis
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan
informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik یومیاتنا
denganالمدرسة في
memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan
dengan topik : المدرسة في یومیاتناbaik secara
lisan maupun tertulis
3.2.3 Mengidentifikasi makna kata dalam teks
sesuai tema/topik “keseharian kita di
madrasah
3.2.4 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran
kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
المدرسة في یومیاتنا berkaitan dengana
4.2.1 Membedakan penggunakan kata untuk
mu’annats dan mudzakkar
4.2.2 Menyusun kata/frase yang tersedia
menjadi kalimat sesuai dengan kaidah
jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan
maf’ul bih..
4.2.3 Menyusun karangan sederhana sesuai
tema/topik “keseharian kita di madrasah”
sesuai kaidah jumlah fi’liyah dan fa’il
mufrad dan maf’ul bih
31.3 Mengamalkan sikap amanah
sebagai anugerah Allah untuk
mempraktikkan bahasa Arab
sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar
dalam mengkaji khazanah
keislaman
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan
pengantar dalam mengkaji
hazanah keislaman
3.3 Memahami bunyi, makna, dan
1.3.1 Menunjukan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab
sebagai bahasa komunikasi internasional dan
pengantar dalam mengkaji khazanah
keislaman dalam kehidupan sehari-hari
2.3.1 Memiliki sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar
dalam mengkaji hazanah keislaman dalam
kehidupan sehari-hari
3.3.1 Mengidentifikasi bunyi, makna, dan gagasan
dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan
baikالبیت في یومیّاتنا : dengan topik
gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan
dengan topik : في یومیّاتنا
البیتbaik secara lisan maupun
tertulis
4.3 Mendemonstrasika n ungkapan
informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik یومیّاتنا
فيdengan memperhatikan
struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
secara lisan maupun tertulis
3.3.2 Mengidentifikasi makna kata dalam teks
sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah”
yang dipelajari
4.3.1 Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai
dengan kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah
dan macam-macam dhamir jamak”.
4.3.2 Menyusun kata, dan kalimat sederhana
sesuai kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah
dan macam-macam dhamir jamak”.
4.3.3 Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi
kalimat sesuai dengan kaidah kaidah
“jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam
macam dhamir jamak”.
4.3.4 Menyusun karangan sederhana sesuai
tema/topik “keseharian kita di rumah” sesuai
kaidah yang dipelajari.
4.3.5 Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
“keseharian kita di rumah”
SEMESRER GENAP
11.1 Menyadari pentingnya kejujuran
dan percaya diri sebagai anugerah
Allah dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah
dan madrasah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi
dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah
3.1 Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur
1.1.1 Meyakini pentingnya kejujuran dan
percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan madrasah
2.1.1 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan sekolah
3.1.1 Menjelaskan bunyi, makna, dan gagasan
dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan
dengan topik : Profesi ( )المھنةdan
) baikالریاضیون اللاعبون( Olahragawan
kalimat yang berkaitan dengan
baik secaraالریاضیون اللاعبون : topik
lisan maupun tertulis
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan
informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik اللاعبون
الریاضیونdengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
secara lisan maupun tertulis
4.1.1 Menghafal kosa kata baru terkait topik
Profesi ( )المھنةdan Olahragawan (اللاعبون
) الریاضیون
4.1.2 Melafalkan kata, frase atau kalimat sesuai
dengan yang diperdengarkan oleh model
ucapan guru/kaset/film terkait topik
Profesi ( )المھنةdan Olahragawan (اللاعبون
) الریاضیون
4.1.3 Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai
dengan kaidah “huruf yang menashab fiil
mudlari’”.
4.1.4 Menyusun kata dan kalimat sederhana
sesuai kaidah “huruf yang menashab fiil
mudlari’”
21.2 Meyakini adanya motivasi internal
(intrinsik) sebagai anugerah Allah
untuk pengembangan kemampuan
berbahasa Arab
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi
internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan
berbahasa
3.2 Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur
kalimat yang berkaitan dengan
topik : الطبیة المھنةbaik secara lisan
maupun tertulis
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan
informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik الطبیة المھنة
dengan memperhatikan struktur
1.2.1 Menyadari adanya motivasi internal
(intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa
Arab
2.2.1 Memiliki sikap/perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa dalam kehidupan
sehari-hari
3.2.1 Mengidentifikasi bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang
berkaitan dengan topik : الطبیة المھنةbaik
secara lisan maupun tertulis
4.2.1 Menghafal kosa kata baru terkait topik
“profesi kedokteran”
4.2.2 Membandingkan antara fiil madli dan
jumlah fi’liyah terkait topik “profesi
teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
الطبیة المھنة ”kedokteran
4.2.3 Melafalkan kata, frase atau kalimat sesuai
dengan yang diperdengarkan oleh model
ucapan guru/kaset/film.
4.2.4 Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai
dengan kaidah fiil madli dan jumlah
fi’liyah.
4.2.5 Menyusun kata, dan kalimat sederhana
sesuai kaidah fiil madli dan jumlah fi’liyah
31.3 Mengamalkan sikap amanah
sebagai anugerah Allah untuk
mempraktikkan bahasa Arab
sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam
mengkaji khazanah keislaman
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan
pengantar dalam mengkaji hazanah
keislaman
3.3 Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur
kalimat yang berkaitan dengan
topik : زیارة المرضىbaik secara lisan
maupun tertulis
4.3 Mendemonstrasikan ungkapan
informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik المرضى
زیارةdengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
1.3.1 Menghayati sikap amanah sebagai
anugerah Allah untuk mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam
mengkaji khazanah keislaman
2.3.1 Memiliki sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan
pengantar dalam mengkaji hazanah
keislaman
3.3.1 Mengidentifikasi bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang
berkaitan dengan topik : Menjenguk orang
sakit ( )زیارة المرضىbaik secara lisan
maupun tertulis
3.3.2 Mengidentifikasi isi wacana terkait tema
“menjenguk orang sakit” secara lisan
maupun tulisan.
4.3.1 Melafalkan kata, frase atau kalimat sesuai
dengan yang diperdengarkan sesuai model
ucapan guru/kaset/film.
4.3.2 Merangkaikan kata menjadi kalimat terkait
“menjenguk orang sakit” sesuai dengan
kaidah mashdar sharih.
4.3.3 Menyusun kata, dan kalimat terkait tema
“menjenguk orang sakit” sederhana sesuai
kaidah mashdar sharih
4.3.4 Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan terkait tema Menjenguk
)زیارة المرضى ( orang sakit
4.3.5 Menyusun kata/frasa yang tersedia
menjadi kalimat sesuai dengan kaidah
mashdar sharih.
4.3.6 Menyusun karangan sederhana terkait
tema Menjenguk orang sakit ( )زیارة المرضى
sesuai kaidah mashdar sharih.

KETERANGAN:
Kompleksitas : Tinggi = 1; Sedang = 2; Rendah =3
Daya dukung : Tinggi = 3; Sedang = 2; Rendah =1
Intake : Tinggi = 3; Sedang = 2; Rendah =1
Banyuputih Kidul, 13 Juli 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Sahroni, S.Pd.I M.Pd Fathur Rahman, S.Pd.I