Promes

PROMES KELAS 7 SEMESTER GANJIL DAN GENAP

PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran        :  Bahasa Arab

Satuan Pendidikan  :  MTs Miftahul Ulum 2

Tahun Pelajaran     :  2020 / 2021

Kelas                     :  Tujuh ( VII )

Semester               : 1 ( Satu )

Standar Kompetensi / Kompetensi DasarAlokasi WaktuB U L A N
JuliAgustusSeptemberOktoberNovemberDesember
123412341234123412341234
MENYIMAK/ISTIMA’ (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف)                         
Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang التعارف dengan ca-ra menco-cokkan dan  membedakan secara tepat                         
Menemukan informasi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wa-cana lisan  sederhana yang meli-puti kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)                         
Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana yang mengguna-kan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير)) , kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)                         
BERBICARA/KALAM ( Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  atau  informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang التعارف )                         
Melakukan dialog se-derhana dengan tepat ten-tang taaruf dengan menggunakan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  (للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan  أدوات الجر) )                         
Menyam-paikan informasi secara lisan dengan lafal  yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencer-minkan kecakapan berbahasa yang santun meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة) dan kata depan   (أدوات الجر)                         
MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang التعارف)                         
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang taaruf dengan tanda baca yang tepat                         
Mengung-kapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف dengan tepat menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)                         
BERBICARA/KALAM  (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang مدرستى )                         
Melakukan dialog sederhana dengan lancar dengan tepat dan benar menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)  dan kata sifat (النعت)  termasuk warna.                         
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal  yang tepat dalam kalimat sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat  (النعت)  termasuk warna                         
MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca , menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang مدرستى                         
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna                         
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna                         
Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana  tentang “مدرستى” dengan tepat dan benar                          
MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang مدرستى)                         
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang tepat                         
Mengung-kapkan in-formasi/ gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى “  dengan  menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna                         
Mengetahui Kepala Madrasah       Sahroni, S.P.d.I M.Pd Banyuputih Kidul.13 Juli 2020 Guru Bidang Studi Bahasa Arab       Fathur Rahman, S.Pd.I

PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran        :  Bahasa Arab

Satuan Pendidikan  :  MTs Miftahul Ulum 2

Tahun Pelajaran     :  2020 / 2021

Kelas                     :  Tujuh ( VII )

Semester               : 2 ( Dua )

Standar Kompetensi / Kompetensi DasarAlokasi WaktuB U L A N
JanuariFebruariMaretAprilMeiJuni
123412341234123412341234
MENYIMAK/ISTIMA’ Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang    بيتى                         
Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (ka-ta, frasa, atau kali-mat) dalam suatu kon-teks waca-na lisan tentang بيتى  dengan ca-ra menco-cokkan dan  membedakan secara tepat                         
Menemu-kan infor-masi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan  sederhana tentang بيتى dengan mengguna-kan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + نعت                         
Memberi-kan tang-gapan/res-pons pada ide/gagasan yang terda-pat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang بيتى   dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + نعت                         
BERBICARA/KALAM (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  dan  informasi melalui kegiatan bercerita serta  bertanya jawab tentang بيتى)                         
Menyampaikan infor-masi secara lisan tentang بيتى  dengan lafal dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat berstruktur         مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت                         
Melakukan dialog sederhana dengan lancar tentang kecakapan berkomunikasi dengan tepat dengan mengguna-kan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت                         
Bercerita tentang  “بيتى dengan menggunakan kalimat sederhana dengan  tepat dan benar  dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت                         
MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang    بيتى)                         
Menulis dan meleng-kapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang بيتى”  dengan tanda baca yang tepat                         
Menulis paragraf sangat sederhana tentang بيتى dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت                         
 Menulis tentang بيـتى dengan menggunakan media gambar/alat peraga gambar/foto yang dilihat  dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت                         
BERBICARA/KALAM  (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang  أسرتي)                         
Menyampaikan in-formasi se-cara lisan dengan la-fal  yang tepat da-lam kali-mat seder-hana tentang  أسرتي mengguna-kan kalimat berstruktur  meliputi mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)                         
Bercerita tentang أسرتي dengan mengguna-kan media gambar /alat peraga  dan menerapkan  struktur kali-mat meli-puti: mubta-da dan kho-bar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)                         
Melakukan tanya jawab tentang  أسرتي dengan menerapkan   kalimat berstruktur  meliputi: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)                         
MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca,  menganalisis dan menemukan tentang أسرتي)                         
Membaca nyaring, me-lafalkan huruf hija-iyyah, kata, frase, kali-mat seder-hana dengan ucap-an, tekanan dan intonasi yang bertema tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)                         
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat sederhana dalam wacana tertulis sederhana tentang أسرتي mengunakan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)                         
Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)                         
MENULIS/KITABAH (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang أسرتي)                         
Menulis paragraph sederhana tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)                         
Menulis cerita sederhana tentang أسرتي yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)                         
MEMBACA/QIRA’AH   (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان)                         
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان dengan menerapkan hitungan 1 s/d 100                         
Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi  bilangan 1 s/d 100                         
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana  tentang sebuah lokasi/alamat                         
MEMBACA/QIRA’AH (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang العنوان)                         
Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang العنوان dengan menerapkan hitungan 1 s/d 100                         
Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi  bilangan 1 s/d 100                         
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana  tentang sebuah lokasi/alamat                         
Mengetahui Kepala Madrasah       Sahroni, S.P.d.I M.Pd Banyuputih Kidul.13 Juli 2020 Guru Bidang Studi Bahasa Arab       Fathur Rahman, S.Pd.I

Promes

PROMES KELAS 8 SEMESTER GANJIL DAN GENAP

PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran
Alokasi Waktu
Kompetensi Inti :
: Bahasa Arab
: 3 Jam/ Minggu
Kelas/Semester
Tahun Pelajaran
: VIII/ Genap
: 2020/2021

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.

Nomor KIAlokasi
waktu
JanuariFebruariMaretAprilMeiJuniKet
1234123451234512345123451234512345
NOMOR KD
1.12.13.14.118 JP333333
1.22.23.24.215 JP33333
1.32.33.34.318 JP3333333333
CADANGAN
JUMLAH51 JP333333333333333333333
MengetahuiBanyuputih Kidul. 13 Juli 2020
Kepala MadrasahGuru Mata Pelajaran

Sahroni, S.P.d.I M.Pd Fathur Rahman, S.Pd.I
PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran
Alokasi Waktu
Kompetensi Inti :
: Bahasa Arab
: 3 Jam/ Minggu
Kelas/Semester
Tahun Pelajaran
: VIII/ Gasal
: 2020/2021

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat.

Nomor KIAlokasi
waktu
JuliAgustusSeptemberOktoberNopemberDesemberKet
1234123451234512345123451234512345
NOMOR KD
1.12.13.14.118 JP333333
1.22.23.24.218 JP333333
1.32.33.34.318 JP33333333
CADANGAN6 JP
JUMLAH60 JP33333333333333333333
MengetahuiBanyuputih Kidul. 13 Juli 2020
Kepala MadrasahGuru Mata Pelajaran

Sahroni, S.P.d.I M.Pd Fathur Rahman, S.Pd.I